Kompresor AC Rusak

CARA MENGETAHUI KOMPRESOR AC ANDA BERMASALAH

Mungkin anda pernah mengalami permasalahan AC anda tidak dingin secara tiba – tiba padahal sebelumnya tidak ada masalah. Nah kali ini humapenta training center serpong – tangerang akan membagikan tips cara mengetahui permasalahan AC terletak pada kompresor.

Kompresor merupakan komponen utama dari proses sirkulasi bahan penghasil dingin (refrigerant) pada sebuah AC. Secara struktur, kompresor AC tipe rotary memiliki bagian sebagai berikut :

Bagian akumulator berfungsi menampung sisa refrigerant cair untuk kemudian diubah menjadi uap cair sebelum masuk ke kompresor. Hal ini bertujuan untuk melindungi kompresor dari beban kerja berlebih. Refrigerant dalam kompresor akan mengalami kompresi (penekanan) sehingga suhunya juga ikut naik seperti grafik di bawah ini :

 

Selanjutnya refrigerant akan mengalami proses sirkulasi di setiap komponen utama  sesuai grafik tersebut. Proses sirkulasi refrigerant dalam siklus tersebut sangat ditentukan oleh kinerja kompresor, kelancaran sirkulasi, standar instalasi dan kualitas refrigerant. Nah kali ini, humapenta training center serpong – tangerang akan mengulas identifikasi kinerja kompresor saja.

Kompresor memiliki lilitan tembaga/alumunium (koil) yakni lilitan primer dan lilitan sekunder yang terhubung dengan kelistrikan (seperti gambar di bawah). Lilitan pada umumnya memiliki nilai resistansi sesuai standar pabrikasi. Sebagai contoh, nilai resistansi koil kompresor AC Panasonic adalah sebagai berikut :

Nilai resistansi lilitan sangat menentukan kemampuan kompresor untuk memompa dan menghisap refrigerant. Makanya salah satu hal yang harus dipastikan dari suatu kompresor yang bermasalah adalah nilai resistansi lilitan. Secara ringkas penilaian kualitas kerja kompresor dapat ditentukan dengan langkah sebagai berikut :

  1. Kompresor tidak short body (korslet)
  2. Nilai resistansi lilitan sesuai spesifikasi
  3. Fungsi hisap dan tekan bekerja dengan baik
  4. Suara mekanik kompresor tidak berisik
  5. Suhu kompresor tidak overheat.
  6. Komponen kelistrikan kompresor sesuai spesifikasi (kapasitor dan overload protektor)

Untuk memahami lebih lanjut hal diatas agar kita mampu menyelesaikan masalah kompresor maka kami sarankan untuk mengikuti kursus dan pelatihan service AC di humapenta training center serpong – tangerang. Kami melayani kursus dan pelatihan service AC di workshop humapenta  dan inhouse training di perusahaan.