Solusi AC Kurang Dingin

WAJIB TAHU 10 PENYEBAB AC KURANG DINGIN

AC Kurang Dingin merupakan indikasi awal permasalahan AC. Ada banyak faktor penyebab ac kurang dingin yang akan kami bahas secara detail. Namun untuk pembahasan tersebut, harus dipahami terlebih dahulu beberapa hal terkait cara kerja AC sebagai pengkondisi udara.

AC meruapakan alat pengkondisi udara yang bekerja atas dasar siklus konveksi udara dalam dan luar ruangan. Artinya bahwa suhu udara yang dihasilkan dalam ruangan sangat ditentukan oleh suhu udara lingkungan. Jika suhu udara dalam ruangan lebih panas  maka suhu udara yang dihasilkan ac akan menjadi kurang dingin. Demikian pula jika suhu udara diluar ruangan sangat panas maka akan mengurangi suhu udara dalama ruangan menjadi kurang dingin pula. Oleh karena itu persoalan AC kurang dingin menjadi lebih kompleks dibanding peroalan ac lainnya.

Faktor lain yang menentukan kualitas pendinginan ac adalah kualitas freon yang digunakan dan Kinerja kompresor. Secara umum persoalan AC kurang dingin dapat disebabkan oleh faktor antara lain :

  1. Suhu udara lingkungan yang panas
  2. Peletakan unit indoor dan outdoor yang tidak sesuai standar instalasi
  3. Kebersihan unit AC
  4. Kualitas freon yang digunakan
  5. Kinerja kompresor dan komponen pendukung

INDIKATOR AC KURANG DINGIN

Indikator AC dikatakan kurang dingin adalah dengan melakukan pengecekan suhu inlet dan outlet di unit indoor ataupun outdoor. Selisih suhu inlet dan outlet indoor adalah dengan rumus

SUHU inlet – SUHU outlet > 8 derajat celcius.

Jika selisih suhu inlet dan outletnya kurang dari 8 derajat celcius maka dikatakan AC kurang dingin. Cara lain untuk mengetahui ac kurang dingin adalah dari nilai arus dan tekanan. Jika arus dan tekanan kurang dari spesifikasi yang tertera di unit maka ada kemungkinan terjadi kebocroan freon. Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut maka kami sarankan untuk mengikuti kursus service ac

Berikut ini adalah langkah langkah kerja yang perlu kita lakukan untuk melakukan pengecekan ac kurang dingin, antara lain :

  1. ON kan AC – setting mode cool/auto
  2. Cek BTU dan standar instalasi
  3. Ukur kekuatan hembusan blower indoor
  4. Periksa kebersihan filter udara dan evaporator
  5. Cek blower outdoor apakah panas dan kencang anginnya ?
  6. Perhatikan kondisi pipa kecil dan pipa besar apakah dingin dan apakah ada bunga es
  7. Ukur arus kerja dan tekanan
  8. Analisa permasalahan

Lakukan langkah diatas dengan seksama dan jika semua urutan langkah tersebut tidak ada masalah maka ada indikasi kerusakan pada kompresor dan masalah kualitas refrigeran (freon) yang digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi humapenta Training center yang berlokasi di bsd, serpong tangerang melalui WA : 0813-1959-0954